Tips Memandikan Anjing Yang Baik Dan Benar

Anjing yaitu sisi dari keluarga kita serta kita share kehidupan, rumah, serta kadangkala tempat tidur kita dengan mereka. Ini satu diantara fakta kenapa begitu penting buat mengontrol kebersihan anjing peliharaan Anda. Ini penting juga buat kesehatan pribadi Anda sebab anjing yang kotor bisa meningkatkan banyak permasalahan kulit, terserang kutu, atau serta memiliki bau tidak enak. Sebab ada info yang menyebar luas jika memandikan anjing bisa menyebabkan kerusakan pH serta susunan bulu mereka, banyak orang-orang bertanya-tanya berapa kerap anjing butuh dimandikan? Baca rincian berikut buat sadari kapan serta bagaimanakah cara memandikan rekan berbulu Anda.

tips memandikan anjing

Mitos mengenai memandikan anjing

Terdapat beberapa mitos mengenai memandikan anjing, sejumlah mitos semakin bisa diyakini ketimbang lainnya. Konon sepanjang mandi mereka kehilangan minyak alami kulit serta ini menyebabkan kerusakan pH. Ini tidak semuanya betul sebab kesehatan anjing cuma bakal terbujuk bila Anda memandikannya terlalu berlebih atau bila Anda tidak memandikannya sekali-kali. Anjing jadi kotor serta Anda harus kerap memandikannya buat mengontrol kesehatannya.

Tidak juga betul seandainya air masuk dalam telinga karenanya anjing bakal menanggung derita otitis. Bila kita mencucinya dengan berhati-hati, kita dapat menjauhkan ini. Mitos lain yang terpercaya yaitu seandainya sehabis mandi anjing memiliki bau minyak wangi atau wangi yang tidak alami, anjing lain bakal menolaknya. Ingatkanlah jika anjing mempunyai indera penciuman yang begitu kuat maka mereka sanggup menjumpai aroma alami anjing lain walau tercampur aroma shampo. Dengan begitu, tak kan ada permasalahan dengan pemasyarakatan. Memandikan anjing Anda tidak mempunyai pengaruh tidak baik pada kesehatannya serta tak kan menakuti anjing lain bila Anda melaksanakannya secara benar.

Baca juga Pengetahuan Cara Memberi Makan Anjing Yang Benar

Bulu panjang serta bulu pendek

Frekwensi mandi begitu terkait pada bulu anjing Anda. Apa mereka berbulu panjang atau pendek? Yang paling akhir butuh bertambah banyak perawatan serta Anda harus semakin teliti. Bulu panjang sembunyikan bertambah banyak debu serta kotoran. Jadi, berapa kerap Anda harus memandikan anjing sama dengan panjang bulunya? Di bawah ini sejumlah petunjuk penting buat Anda:

  • Anjing berbulu panjang: tiap-tiap empat minggu sekali.
  • Anjing berbulu menengah: tiap-tiap empat sampai enam minggu sekali.
  • Anjing berbulu pendek: tiap-tiap enam sampai delapan minggu sekali.

Ingatkanlah jika Anda harus memandikannya dengan shampo privat buat anjing, biarpun Anda bisa juga memanfaatkan produk alami yang tidak menyebabkan kerusakan kulit atau bulunya. Tidak ada fakta tidak untuk memandikan anjing Anda. Bila Anda tidak dapat memandikannya dalam rumah, sertakan ia ke groomer anjing.

Mengontrol kebersihan

cara memandikan anjing yang baikBiar anjing Anda tidak berbau serta masih bersih, penting buat kerap menyikatnya. Lebih bagus menyikat bulu mereka sepanjang beberapa waktu tiap hari ketimbang satu bulan sekali sepanjang satu jam. Dengan menyikatnya, Anda bakal melenyapkan debu serta rambut mati dan meyakinkan anjing Anda masih bersih semakin lama. Biarpun, sudah pasti, menyikat bulu tidak dapat jadikan substitusi mandi.

Serta bagaimana bila Anda udah memandikan anjing Anda namun anjing main-main kotor di lumpur beberapa waktu kemudian? Anda harus memandikannya lagi! Jangan cemas dengan frekwensi mandi yang berturutan sebab ini tak kan mencelakakan kulit atau bulunya.

Bila Anda memanfaatkan shampo kering, apa Anda tidak usah memanfaatkan air? Tidak, sebab shampo kering cuma dimanfaatkan buat fakta yang begitu rinci dimana kita tidak dapat memandikannya. Contohnya saja sewaktu anjing muntah sepanjang perjalanan dalam mobil. Mandi dengan air begitu penting buat mengontrol kebersihan serta kesehatan anjing. Jadi, jangan kuatir atau malas memandikan anjing Anda ya.

Spread the love