Mengenal Lebih Dekat Ras Anjing Pudel Lebih Detail

Anjing pudel termasuk salah satu kelompok utilility peliharaan yang berasal dari negara Perancis. Meskipun begitu, pudel juga dibagi ke dalam 3 jenis seperti miniatur, standar, dan mainan. Jadi, dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan calon pemilik. Salah satu jenis yang paling terkenal adalah Georgette, yang dijadikan tokoh dalam musikal animasi pada tahun 1998 oleh Oliver & Company.

Pudel atau poodle sangat identik dengan bulunya yang khas. Selain itu, ukurannya yang terbilang mini juga menjadi salah satu daya tariknya. Tidak mengherankan kalau banyak pihak yang berminat untuk mengadopsinya. Selain dijadikan hewan peliharaan dan sahabat bermain, pudel juga sangat pandai beradaptasi. Wajar saja jika kemudian banyak event sport yang melibatkan anjing pudel.

Ciri-Ciri Anjing Pudel

Anjing jenis yang satu ini memiliki karakteristik yang cukup membuat orang ingin mengadopsinya sebagai binatang peliharaan. Hal ini dikarenakan ukurannya yang mungil dan bulu yang lebat sehingga mudah untuk dibentuk dan dirias. Berikut di bawah ini adalah ciri-ciri anjing pudel berdasarkan jenis:

Poodle Standar

Pudel jenis standar ini memiliki ciri seperti tinggi yang lebih dari 15 inci atau 38 cm.

Poodle Toy

Poodle toy atau mainan ini memiliki tinggi sekitar 10 – 15 inci. Namun, dengan catatan tinggi anjing tidak boleh lebih dari 15 inci.

Poodle Miniatur

Pudel miniatur merupakan jenis yang paling kecil. Jenis pudel yang satu ini memiliki tinggi tidak lebih dari 10 inci atau 25 cm.

Ciri-ciri fisik anjing pudel secara umum:

  • Secara fisik, anjing pudel memiliki struktur anatomi dengan ciri khas kepala bulat dan moncong yang panjang
  • Telinga pudel termasuk panjang dan terlihat menggantung ke bawah
  • Ekor tegak lurus ke atas, hal tersebut karena ¼ atau ½ ekor pudel biasanya dipotong. Namun, saat ini praktik docking atau memotong ekor pudel sudah banyak dilarang di beberapa negara
  • Pudel memiliki beragam variasi warna bulu, antara lain: putih, hitam, abu-abu, coklat, aprikot dan juga biru
  • Biasanya rambut anjing pudel di beberapa bagian tubuhnya juga akan di pangkas. Yang tersisa hanya bagian kaki, kepala, area leher, serta pinggang saja.

Ciri-ciri anjing pudel berdasarkan jenis kelamin:

Pudel betina memiliki ekor yang lebih pendek, dibandingkan dengan pudel berjenis kelamin jantan

Jenis Varian Anjing Pudel

Sebagaimana yang telah dibahas pada subjudul sebelumnya, variasi jenis anjing pudel ini terbagi atas 3 jenis, yaitu standard, toy, dan miniature. Tipe standar dapat mudah dikenali karena memiliki ukuran yang lebih tinggi dibandingkan toy dan miniature. Kemudian diikuti jenis miniatur yang lebih tinggi dibandingkan toy. Jadi, jenis toy poodle merupakan yang paling mini diantara dua lainnya.

Selain itu, pudel memiliki karakteristik yang playful dan active, jadi sangat gemar bermain dan cukup cerdas. Namun, jenis yang paling berani diantara ketiga-nya adalah standar. Karena jenis miniatur dan mainan terkenal cenderung pemalu. Jadi, apabila ingin mengadopsi pudel yang sengaja ingin didaftarkan pada event seperti pameran atau sport, maka pilih saja tipe standar ini.

Bukan hanya tampak mencolok karena ukuran yang mini dan bulu keriting uniknya, pudel juga memiliki beberapa variasi warna bulu yang bisa dikatakan tidak biasa. Tergantung pada jenis dan ras yang dipilih. Ada pudel yang berwarna putih, hitam, coklat, aprikot, hingga biru.

Selain 3 jenis pudel yang dipaparkan di atas, sebenarnya masih ada 2 jenis populer yang lain. Yang mana lebih dikenal dengan julukan teacup dan tiny poodle. Namun tidak dimasukkan ke dalam keturunan keluarga, karena tidak memiliki hubungan family. Meskipun begitu, kedua jenis tersebut cukup digemari, dan harganya juga lebih mahal dibandingkan 3 jenis pudel yang asli.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published.